Pengertian Sejarah - Definisi Sejarah Secara Lengkap

Pengertian Sejarah. Sejarah (bhs Yunani : ἱστορία, historia, yang bermakna " penyelidikan, pengetahuan yang didapat lewat riset ") yaitu studi perihal saat lalu, terutama bagaimana hubungannya dengan manusia. Dalam bhs Indonesia sejarah babad, hikayat, kisah, atau tambo bisa disimpulkan untuk peristiwa serta momen yang betul-betul berlangsung pada saat lampau atau asal usul (keturunan) silsilah, terlebih untuk raja-raja yang memerintah. 6 Ini yaitu arti umum yang terkait dengan momen saat lalu dan penemuan, koleksi, organisasi, serta penyajian info tentang momen ini. Arti ini meliputi kosmik, geologi, serta sejarah makhluk hidup, namun kerapkali dengan cara umum disimpulkan untuk histori manusia. Beberapa sarjana yang menulis perihal histori dimaksud pakar sejarah. Momen yang berlangsung sebelum saat catatan tercatat dimaksud Prasejarah.

Pengertian Sejarah - Definisi Sejarah Secara Lengkap

Sejarah dapat juga merujuk pada bagian akademis yang memakai cerita untuk memeriksa serta mengkaji urutan momen saat lalu, serta dengan cara objektif memastikan pola karena serta disebabkan yang memastikan mereka. Pakar sejarah kadang-kadang memperdebatkan karakter histori serta kegunaannya dengan mengulas studi perihal pengetahuan histori untuk maksud itu sendiri serta untuk langkah untuk berikan " pandangan " pada persoalan saat saat ini.

Narasi umum untuk satu budaya spesifik, namun tak di dukung oleh pihak luar (seperti narasi sekitar Raja Arthur) umumnya diklasifikasikan untuk warisan budaya atau legenda, lantaran mereka tak mensupport " penyelidikan tertarik " yang dibutuhkan dari disiplin sejarah. Herodotus, era ke-5 SM pakar sejarah Yunani dalam orang-orang Barat dikira untuk "ayah sejarah", serta, berbarengan dengan kontemporer Thucydides, menolong membuat basic untuk studi moderen sejarah manusia. Kiprah mereka selalu di baca hari ini serta kesenjangan pada budaya Herodotus serta Thucydides militer yang fokus terus jadi titik pertikaian atau pendekatan dalam penulisan sejarah modern. Dalam kebiasaan Timur, suatu kisah negara Chun Qiu di kenal untuk dikompilasi mulai dari 722 SM walau teks-teks era ke-2 SM selamat.

Pengaruh kuno telah membantu penafsiran varian bibit sifat sejarah yang telah berkembang selama berabad-abad dan terus berubah hari ini. Studi modern sejarah mulai meluas, dan termasuk studi tentang daerah tertentu dan studi topikal tertentu atau unsur tematik dalam penyelidikan sejarah. Seringkali sejarah diajarkan sebagai bagian dari pendidikan dasar dan menengah, dan studi akademis sejarah adalah ilmu utama dalam penelitian di Universitas.

Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة: šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi.

Dalam istilah bahasa-bahasa Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang dipakai dalam literatur bahasa Indonesia itu terdapat beberapa variasi, meskipun begitu, banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah berasal-muasal,dalam bahasa Yunani historia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan history, bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan bahasa Belanda dikenal gescheiedenis.


1. J.V. Bryce
Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.
2. W.H. Walsh
Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia di masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.
3. Patrick Gardiner
Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.