Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Seni. Menurut riset beberapa pakar menyebutkan seni/karya seni telah ada dari 60.000 th. yang lampau. Bukti ini ada pada dinding-dinding gua di Prancis Selatan. Buktinya berbentuk lukisan yang berbentuk torehan-torehan pada dinding dengan memakai warna yang melukiskan kehidupan manusia purba. Artefak/bukti ini mengingatkan kita pada lukisan modern yang penuh ekspresi. Hal semacam ini bisa kita tengok dari kebebaan merubah wujud. Satu hal yang membedakan pada karya seni manusia Purba dengan manusia Modern yaitu terdapat pada maksud penciptaannya. Bila manusia purba bikin karya seni/pemberi tanda kebudayaan pada massanya yaitu semat-mata cuma untuk kebutuhan Sosioreligi, atau manusia purba yaitu profile yang tetap terkungkung oleh kekuatan-kekuatan di sekelilingnya.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Sedang manusia modern bikin karya seni/pemberi tanda kebudayaan pada massanya dipakai untuk kepuasan pribadinya serta melukiskan keadaan lingkungannya “mungkin”. Dengan kata lain manusia modern yaitu profile yang mau temukan beberapa hal yang baru serta memiliki cakrawala berpikir yang lebih luas. Seluruhnya wujud kesenian paa masa dulu senantiasa ditandai dengan kesadaran magis ; lantaran memanglah sekian awal kebudayaan manusia. Dari kehidupan yang simpel yang memuja alam hingga pada kesadaran pada kehadiran alam.

Pengertian Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.

Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu.

Pengertian/Defisinisi Seni menurut para ahli:

Alexander Baum Garton
Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

Aristoteles
Seni adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.

Immanuel Kant
Seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.

Ki Hajar Dewantara
Seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan persasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni.

Leo Tolstoy
Seni adalah ungkapan perasaan pencipta yanng disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.

Sudarmaji
Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

Semoga pengertian seni diatas bisa bermanfaat buat para pembaca blog ini.