Sejarah Facebook - Awal Mula Berdirinya Situs Facebook

Sejarah Facebook. Facebook yaitu suatu service jejaring sosial yang di luncurkan pada bln. Februari 2004, dipunyai serta dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook mempunyai kian lebih satu miliar pemakai aktif, kian lebih separuhnya memakai telephone genggam. Pemakai mesti mendaftar sebelum saat bisa memakai website ini. Kemudian, pemakai bisa bikin profil pribadi, memberikan pemakai lain untuk rekan, serta bertukar pesan, terhitung pemberitahuan automatis saat mereka memperbarui profilnya. Diluar itu, pemakai bisa berhimpun dengan group pemakai dengan ketertarikan yang sama, diurutkan menurut tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas yang lain, serta mengelompokkan rekan-teman mereka ke dalam daftar seperti " Rekanan Kerja " atau " Rekan Dekat ".

Sejarah Facebook - Awal Mula Berdirinya Situs Facebook

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg berbarengan rekan sekamarnya serta sesama mahasiswa Kampus Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz serta Chris Hughes. Keanggotaan website situs ini awalannya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, lalu diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, serta Kampus Stanford. Website ini dengan cara perlahan-lahan buka diri pada mahasiswa di kampus lain sebelum saat di buka untuk siswa sekolah menengah atas, serta pada akhirnya untuk tiap-tiap orang yang berumur minimum 13 th.. Walau demikian, menurut survey Consumer Reports bln. Mei 2011, ada 7, 5 juta anak dibawah umur 13 th. yang mempunyai account Facebook serta 5 juta yang lain dibawah 10 th., hingga tidak mematuhi kriteria service website ini.

Nama service ini datang dari nama buku yang didapatkan pada mahasiswa pada th. akademik pertama oleh sebagian pihak administrasi kampus di Amerika Serikat dengan maksud menolong mahasiswa mengetahui keduanya. Facebook sangat mungkin tiap-tiap orang berumur minimum 13 th. jadi pemakai tercatat di website ini.

Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi".

Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki "buku wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.

Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.

Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com

Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.

Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010. Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya mendorong keamanan siber.
Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampur Sun Microsystems di Menlo Park, California. Sampai disini artikel tentang sejarah facebook, moga bermanfaat!.