Latar Belakang Berdirinya Muhammadiyah

Latar Belakang Berdirinya Muhammadiyah. Hasrat dari KH. Akhmad Dahlan untuk membangun organisasi yang bisa jadikan untuk alat perjuangnan serta da’wah untuk nenegakan amar ma’ruf nahyi munkar yang bersumber pada Al-Qur’an, surat Al-Imron : 104 serta surat Al-ma’un untuk sumber dari gerakan sosial praktis untuk wujudkan gerakan tauhid.

Latar Belakang Berdirinya Muhammadiyah

Ketidak murnian ajaran islam yang dimengerti oleh beberapa umat islam Indonesia, untuk wujud penyesuaian tak tuntas pada kebiasaan islam serta kebiasaan lokal nusantara dalam awal bermuatan faham animisme serta dinamisme. Hingga dalam prakteknya umat islam di indonesia menunjukkan beberapa hal yang bertentangan dengan prinsif-prinsif ajaran islam, terlebih yang berhubuaan dengan prinsif akidah islam yag menampik semua wujud kemusyrikan, taqlid, bid’ah, serta khurafat. Hingga pemurnian ajaran jadi piliha mutlak untuk umat islamm Indonesia.

Keterbelakangan umat islam indonesia dalam sisi kehidupan jadi sumber keprihatinan untuk mencarikan jalan keluar supaya bisa keluar jadi keterbelakangan. Keterbelakangan umat islam dalam dunia pendidikan jadi sumber utama keterbelakangan dalam peradaban. Pesantren tak dapat selama-lamanya dikira jadi sumber lahirnya generasi baru muda islam yang memikirkan modern. Kesejarteraan umat islam bakal terus ada di bawah garis kemiskinan bila kebodohan tetap melengkupi umat islam indonesia.

Maraknya kristenisasi di indonesia sebegai dampak domino dari imperalisme Eropa ke dunia timur yang sebagian besar beragama islam. Proyek kristenisasi satu paket dengan proyek imperialalisme serta modernisasi bangsa Eropa, tak hanya hasrat untuk memperluas daerah koloni untuk pasarkan beberapa produk hasil refolusi industeri yang melada erofa.

Imperialisme Eropa bukan sekedar membonceng gerilya gerejawan serta beberapa penginjil untuk mengemukakan ’ajaran jesus’ untuk menegur umat manusia di semua dunia untuk ’mengikuti’ ajaran jesus. Namun juga membawa angin modernisasi yang tengah menempa eropa. Modernisasi yang terhembus melewati jenis pendidikan barat (belanda) di indonesia mengusung paham-paham yang melahirkan moernisasi erofa, seperti sekularisme, individualisme, liberalisme serta rasionalisme. Bila penetrasi itu tak dihentikan maka bakal terlahir generasi baru islam yang rasionaltetapi liberal serta sekuler. Itulah latar belakang berdirinya muhmmadiyah, semoga bermanfaat!.