Sejarah Muhammadiyah Pertama Kali Didirikan

Random Post

Sejarah Muhammadiyah. Khusus temen temen yang baru masuk sekolah SMP/SMA Muhammadiyah di wilayah indonesia ataupun yang baru masuk pesantren Muhammadiyah pasti pengen banget tau tentang sejarah awal berdirinya Muhammadiyah. Karena dengan mengetahui sejarah Muhammadiyah kita bisa tau perjuangan Kyai Haji Ahamd Dahlan mendirikan organisasi Islam dan menyebarkan ajaran Nabi Muhammad. Beliau merupaan pendiri muhammadiyahNah simak saja Sejarah berdirinya Muhammadiyah dibawah ini, mudah mudahan bisa memberikan ilmu dan manfaat :

Sejarah Muhammadiyah Pertama Kali Didirikan

Muhammadiyah pertama kali didirikan di Kampung Kauman Yogyakarta, waktu tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H/18 Nopember 1912 oleh seseorang yang bernama Muhammad Darwis, lalu beliau mulai di kenal dengan nama KHA Dahlan. Beliau merupakan pegawai kesultanan Kraton Yogyakarta untuk seseorang Khatib dan untuk pedagang. Lihat situasi ummat Islam pada saat itu dalam situasi jumud, beku serta penuh dengan amalan-amalan yang berbentuk mistik, beliau tergerak hatinya untuk mengajak mereka kembali pada ajaran Islam yang sesungguhnya menurut Qur`an serta Hadist. Oleh karenanya beliau berikan pengertian keagamaan dirumahnya ditengah kesibukannya untuk Khatib serta beberapa pedagang.

Semula ajaran ini tidak diterima, tetapi berkat ketekunan serta kesabarannya, pada akhirnya memperoleh sambutan dari keluarga serta rekan dekatnya. Profesinya untuk pedagang benar-benar mensupport ajakan beliau, hingga kurun waktu singkat ajakannya menyebar ke luar kampung Kauman juga hingga ke luar daerah serta ke luar pulau Jawa. Untuk mengorganisir aktivitas itu maka didirikan Persyarikatan Muhammadiyah. Serta saat ini Muhammadiyah sudah ada di semua pelosok tanah air.

Disamping berikan pelajaran/pengetahuannya pada lelaki, beliau juga berikan pelajaran pada golongan Ibu muda dalam komunitas pengajian yang dimaksud " Sidratul Muntaha ". Pada siang hari pelajaran untuk anak-anak lelaki serta wanita. Saat malam hari untuk anak-anak yang sudah dewasa.

KH A Dahlan memimpin Muhammadiyah dari th. 1912 sampai th. 1922 di mana waktu itu tetap memakai system permusyawaratan rapat tahunan. Pada rapat th. ke 11, Pemimpin Muhammadiyah dipegang oleh KH Ibrahim yang lalu memegang Muhammadiyah sampai th. 1934. Rapat Tahunan itu sendiri lalu beralih jadi Konggres Tahunan pada th. 1926 yang di masa datang beralih jadi Muktamar tiga tahunan serta seperti waktu ini Jadi Muktamar 5 tahunan.

Nah tersebut artikel perihal sejarah Muhammadiyah atau asal usul Muhammadiyah barangkali dengan cara singkat. Tetapi untuk lebih terang tentang perjuangan KH A Dahlan dan cerita kisah perjuangannya anda dapat membaca buku kemuhammadiyahan.

Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]