Pengertian Budaya Dan Kebudayaan

Pengertian Budaya. Budaya yaitu satu langkah hidup yang berkembang serta dipunyai berbarengan oleh suatu grup orang serta diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, terhitung system agama serta politik, kebiasaan istiadat, bhs, perkakas, baju, bangunan, serta karya seni. Bhs, seperti juga budaya, adalah sisi tidak terpisahkan dari diri manusia hingga beberapa orang condong menganggapnya diwariskan dengan cara genetis.

Pengertian Budaya Dan Kebudayaan

Saat seorang berupaya berkomunikasi dengan beberapa orang yang berbada budaya serta sesuaikan perbedaan-perbedaannya, menunjukkan bahwasanya budaya itu dipelajari. Budaya yaitu satu gaya hidup menyeluruh. budaya berbentuk kompleks, abstrak, serta luas. Banyak segi budaya ikut memastikan tingkah laku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini menyebar serta mencakup banyak aktivitas sosial manusia. Sebagian argumen kenapa orang alami kesusahan saat berkomunikasi dengan orang dari budaya lain tampak dalam pengertian budaya : Budaya yaitu satu piranti rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh satu citra yang memiliki kandungan pandangan atas keistimewaannya sendiri. ”Citra yang memaksa” itu mengambil bentuk-bentuk tidak sama dalam beragam budaya seperti “individualisme kasar” di Amerika, “keselarasan individu dengan alam” d Jepang serta “kepatuhan kolektif” di Cina.

Citra budaya yang brsifat memaksa itu membekali anggota-anggotanya dengan dasar tentang tingkah laku yang layak serta mengambil keputusan dunia arti serta nilai logis yang bisa dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk beroleh rasa bermartabat serta pertalian dengan hidup mereka. Karena, budayalah yang sediakan satu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan kesibukan seorang serta memungkinkannya meramalkan tingkah laku orang lain. Simak pengertian budaya dibawah ini :

Pengertian Budaya Secara Harafiah :

Budaya secara harfiah berasal dari Bahasa Latin yaitu Colere yang memiliki arti mengerjakan tanah, mengolah, memelihara ladang. (menurut Soerjanto Poespowardojo 1993) Budaya adalah keseluruhan sistem gagasan tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan miliki diri manusia dengan cara belajar. Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Pengertian Kebudayaan. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Unsur-Unsur Kebudayaan

Koentjaraningrat (1985) menyebutkan ada tujuh unsur-unsur kebudayaan. Ia menyebutnya sebagai isi pokok kebudayaan. Ketujuh unsur kebudayaan universal tersebut adalah :

    Kesenian
    Sistem teknologi dan peralatan
    Sistem organisasi masyarakat
    Bahasa
    Sistem mata pencaharian hidup dan sistem ekonomi
    Sistem pengetahuan
    Sistem religi