Jaringan/Cabang Muhammadiyah di Indonesia

Untuk artikel seterusnya bakal ngebahas perihal jaringan/cabang Muhammadiyah di tanah air. Dengan mengetahui jaringan/cabang Muhammadiyah kita bisa tau pengertian pimpinan pimpinan Muhammadiyah yang terdapat di tiap tiap wilayah. Selain itu juga ada fungsi fungsi sendiri dari tiap tiap pimpinan tersebut. Setiap daerah atau wilayah di indonesia memiliki pimpinan masing masing seperti pimpinan wilayah, daerah cabang hingga pimpinan ranting. Nah berikut ini cabang Muhammadiyah di Seluruh Indonesia :

Jaringan/Cabang Muhammadiyah di Indonesia

1. Pimpinan Pusat Muhammadiyah
Pimpinan Pusat Muhammadiyah adalah jenjang susunan Muhammadiyah paling tinggi. Pada tingkat yang paling tinggi dari seluruh level Pimpinan Muhammadiyah, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mempunyai manfaat koordinatif dari seluruh Pimpinan Muhammadiyah yang ada di Indonesia, sekalian juga mengkoordinasikan gerakan dakwah Islamiyah di beragam lokasi Indonesia melalui berbagai wujud aktivitas dakwah, seperti aktivitas keagamaan, pendidikan, kesejahteraan sosial, kesehatan, dan sebagainya.

2. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah
Pimpinan Lokasi Muhammadiyah adalah jenjang struktural Muhammadiyah satu tingkat provinsi. Pada tingkat yang lebih tinggi dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Lokasi Muhammadiyah mempunyai manfaat koordinatif untuk seluruh Pimpinan Muhammadiyah yang ada di lokasi provinsi ini, sekalian juga mengkoordinasikan gerakan dakwah Islamiyah di seluruh lokasi provinsi itu melalui berbagai wujud, seperti kesibukan keagamaan, pendidikan, kesejahteraan sosial, kesehatan, dan sebagainya.

3. Pimpinan Daerah Muhammadiyah
Pimpinan Daerah Muhammadiyah adalah jenjang struktural Muhammadiyah satu tingkat kabupaten (district). Pada tingkat yang lebih tinggi dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah mempunyai manfaat koordinatif buat seluruh Pimpinan Muhammadiyah yang ada di lokasi kabupaten itu, sekalian juga mengkoordinasikan gerakan dakwah Islamiyah di seluruh lokasi Kabupaten itu melalui berbagai wujud, seperti kesibukan keagamaan, pendidikan, kesejahteraan sosial, kesehatan, dan sebagainya.

4. Pimpinan Cabang Muhammadiyah
Pimpinan Cabang Muhammadiyah adalah jenjang struktural Muhammadiyah satu tingkat kecamatan (sub-district). Pada tingkat yang lebih tinggi dari Pimpinan Ranting Muhammadiyah, Pimpinan Cabang Muhammadiyah mempunyai manfaat koordinatif buat seluruh Pimpinan Muhammadiyah  yang ada di lokasi kecamatan itu, sekalian juga mengkoordinasikan gerakan dakwah Islamiyah di seluruh lokasi kecamatan itu melewati beragam wujud, seperti kesibukan keagamaan, pendidikan, kesejahteraan sosial, kesehatan, dan sebagainya.

5. Pimpinan Ranting Muhammadiyah
Pimpinan Ranting Muhammadiyah adalah jenjang struktural Muhammadiyah satu tingkat desa, dan yakni ujung tombak buat gerakan dakwah Islamiyah yang dikerjakan Muhammadiyah, lantaran Pimpinan Ranting Muhammadiyah menjangkau serta berhubungan dengan cara segera dengan warga Muhammadiyah. Untuk ujung tombak dari gerakan dakwah Islamiyah yang dikerjakan oleh Muhammadiyah, Pimpinan Ranting Muhammadiyah adalah kemampuan paling riil yang dipunyai Muhammadiyah, lantaran di tingkat inilah sesungguhnya basis-basis gerakan Muhammadiyah bisa dikerjakan dengan cara riil.

6. Jama’ah Muhammadiyah
Tak hanya jalur-jalur struktural yang dipunyainya, Muhammadiyah juga memiliki kelompok-kelompok yang menyebar di dalam penduduk dalam wujud Jama’ah Muhammadiyah. Jama’ah Muhammadiyah adalah lini diluar jalur-jalur struktural Muhammadiyah dengan cara riil lakukan dakwah Islamiyah yang sesuai sama dengan visi dan misi Muhammadiyah di dalam penduduk.